Sunday 12 January 2014

Cara Meminimalisir Over Exposure pada benda berbahan stainles

Sebelumnya mohon maaf disini saya bukan untuk mendidik atau mendikte kalian semua tapi disini saya hanya ingin berbagi, apa salahnya kan kalo berbagi.

Di dunia fotografi memang banyak istilah terhadap suatu foto, ada DOF, POI dan semacamnya terutama pada postingan satu ini FLAT atau cahaya putih yang berlebihan, yang banyak saya denger.

Ini cara saya sendiri jadi sekali lagi mohon maaf kalo ada yang punya ilmu lebih silahkan berbagi. Langkahnya seperti berikut,

1. Siapkan sumber cahaya  sama penyaring

Untuk sumber cahaya bisa menggunakan flash atau langsung dari cahaya matahari dan untuk penyaring bisa menggunakan reflektor atau kain putih. Disini saya menggunakan Flash SB sama Lampu yang biasa digunakan distudio. Bila ada, tambahkan softbox biar cahayanya makin lembut

2. Atur peletakan Sumber Cahaya sama  Penyaring

Dikarenakan waktu dan ruang yang terbatas saya menggunakan kamar saya untuk melakukan ini. Posisi  sumber cahaya tepat dibelakang penyaring.

3. Setting kamera, aturlah kekratifan pada kamera yang akan menentukan hasil dari sebuah foto jangan lupa juga untuk merubah posisi sumber cahaya, bisa dari belakang, samping atau atas.

Terakhir kita lihat hasilnya pada foto yang menggunakan penyaring ( reflektor ) dan foto yang tidak menggunakan penyaring.

fay creative
Tanpa penyaring

fay creative
Menggunakan penyaring
Itulah cara saya untuk meminimalisir cahay yang berlebihan pada benda - benda yang berbahan Stainles. Seperti kata saya tadi Bila memiliki ilmu lebih, silahkan berbagi saya siap menampungnya.

No comments:

Post a Comment